• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi OBE dan Permendiktisaintek Nomor 39 Tahun 2025

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui kegiatan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Outcome-Based Education (OBE) dan berlandaskan Permendiktisaintek Nomor 39 Tahun 2025. Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan seluruh perangkat pembelajaran selaras dengan tuntutan regulasi terbaru serta kebutuhan pembelajaran yang berorientasi pada capaian lulusan. Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, dalam arahannya Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd menyampaikan agar dosen tidak lelah berinovasi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang berkualitas, adaptif dengan perkembangan zaman. Dalam sambutannya Dr. Agus Sujarwanta juga menyampaikan terkait visi keilmuan Prodi merupakan landasan dalam pengembangan kurikulum.

Kegiatan dilaksanakan pada 18 November 2025, diruang prodi Pendidikan Biologi, dihadiri oleh para dosen ini difokuskan pada penyelarasan dokumen pembelajaran, mulai dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, instrumen penilaian, hingga strategi pembelajaran aktif yang mendukung tercapainya learning outcomes secara terukur. Melalui pendekatan OBE, setiap kegiatan pembelajaran dirancang tidak hanya berpusat pada materi, tetapi lebih menekankan kompetensi yang harus dicapai mahasiswa sesuai profil lulusan.

Permendiktisaintek Nomor 39 Tahun 2025 menjadi rujukan penting dalam memastikan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran terstandar secara nasional. Regulasi tersebut memperkuat implementasi OBE melalui penekanan pada keterukuran capaian pembelajaran, transparansi asesmen, serta penjaminan mutu berbasis data.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber menyampaikan pentingnya transformasi perangkat pembelajaran agar adaptif terhadap perkembangan teknologi, kebutuhan dunia kerja, serta tantangan era digital. Dosen juga dibimbing secara teknis untuk menata ulang struktur RPS, membuat indikator yang spesifik dan terukur (specific, measurable, achievable, relevant, time-bound), serta menyusun instrumen asesmen yang valid dan reliabel dan sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan di masing-masing mata kuliah.

Melalui kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Biologi UM Metro menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang relevan, kontekstual, dan berorientasi pada kinerja nyata. Upaya ini diharapkan mampu memperkuat mutu lulusan dan meningkatkan daya saing program studi di tingkat regional maupun nasional.