• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Workshop Kelas Kolaboratif dan Partisipatif Prodi Pendidikan Biologi: Dorong Inovasi Pembelajaran yang Aktif dan Interaktif

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Workshop Kelas Kolaboratif dan Partisipatif pada 7 Agustus 2023  bertempat di Ruang Prodi Pendidikan Biologi. Kegiatan ini diikuti oleh dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berorientasi pada mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan capaian Program Studi Pendidikan Biologi pada semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Dasrieny Pratiwi, menyampaikan bahwa pembelajaran kolaboratif dan partisipatif merupakan strategi penting dalam mendukung tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga berperan aktif dalam membangun pengetahuan, bekerja sama, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Workshop ini menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang inovasi pembelajaran dan teknologi pendidikan, Dr. Muhfahroyin, S.Pd., M.TA. Materi yang disampaikan mencakup konsep dasar kelas kolaboratif, strategi membangun partisipasi aktif mahasiswa, pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung interaksi kelas, serta metode asesmen autentik dalam pembelajaran partisipatif.

Selama kegiatan, peserta terlibat dalam sesi praktik merancang rancangan pembelajaran dan aktivitas kelas berbasis kerja kelompok, diskusi, dan proyek kolaboratif. Dosen juga diajak untuk berbagi pengalaman dalam mengelola dinamika kelas serta menerapkan strategi pembelajaran yang mendorong komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa.

Melalui Workshop Kelas Kolaboratif dan Partisipatif ini, diharapkan dosen Pendidikan Biologi semakin terampil dalam merancang pembelajaran yang kreatif, dialogis, dan berpusat pada mahasiswa. Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar serta penguatan budaya akademik yang partisipatif dan inovatif di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi.