• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Satgas Peninjauan Kurikulum Pendidikan Biologi Resmi Mulai Bekerja: Wujudkan Kurikulum Responsif dan Berorientasi Masa Depan

Metro, 11 Juni 2025 — Satuan Tugas (Satgas) Peninjauan Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro secara resmi memulai pelaksanaan tugasnya, setelah dibentuk melalui surat keputusan Dekan FKIP sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan dalam peningkatan mutu akademik.

Tim Satgas ini beranggotakan dosen-dosen dari berbagai bidang keahlian dalam pendidikan biologi. Rapat perdana Satgas berlangsung di Ruang Rapat Prodi Pendidikan Biologi dan dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi, Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd.

“Tugas utama satgas ini adalah meninjau secara menyeluruh kurikulum eksisting, memastikan keterkaitan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), struktur kurikulum, dan tantangan dunia kerja saat ini, termasuk perkembangan IPTEK dan arah kebijakan nasional,” jelas Ketua Prodi dalam arahannya.

Peninjauan kurikulum dilakukan sebagai respon terhadap perubahan regulasi pendidikan tinggi, khususnya Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, serta kebutuhan untuk menyelaraskan kurikulum dengan profil lulusan berbasis OBE (Outcome-Based Education)

Dalam beberapa bulan ke depan, Satgas akan menjalankan sejumlah agenda penting seperti:

  1. Workshop Peninjuan kurikulum
  2. Menganalisis hasil tracer study.
  3. Meninjau relevansi mata kuliah dengan CPL.
  4. Memutakhirkan bahan kajian dan bobot SKS.
  5. Menyusun peta mata kuliah dan matriks kontribusi CPL-Mata Kuliah.
  6. Menyiapkan kurikulum baru untuk tahun ajaran mendatang.

Keterlibatan semua dosen dan tenaga kependidikan akan sangat menentukan keberhasilan proses ini. Oleh karena itu, Prodi mengundang partisipasi aktif seluruh sivitas akademika untuk memberikan masukan, baik melalui forum diskusi maupun survei terbuka yang akan segera diluncurkan.

Dengan dimulainya kerja Satgas ini, Program Studi Pendidikan Biologi meneguhkan langkah menuju kurikulum yang adaptif, relevan, dan transformatif, dalam rangka menyiapkan lulusan yang unggul secara profetik dan profesional di bidang biologi pangan dan pembelajaran digital.